Friday 7 May 2010

Sekolah harus Tampil Menarik

Mengupayakan Kehidupan Pelajar di Sekolah Lebih Menarik

By : Muhammad Zaini

Salah satu penunjang untuk menjadi seorang pelajar yang berhasil dan excellent adalah keberanian untuk menghadapi banyak hal-hal baru, banyak teman-teman baru, banyak kesulitan-kesulitan yang baru.

Sedangkan dangkalnya pengalaman adalah penyebab utama terjadinya semua masalah yang mungkin terjadi dalam setiap keputusan dan kebijakan. Itulah sebabnya, setiap pelajar maupun guru harus mengetahui cara dan strategi untuk memulai kehidupan dapat berhasil dan mengurangi riak-riak terjadinya konflik.

Adapun beberapa hal yang dapat bermanfaat bagi kehidupan setiap para pelajar adalah sebagai berikut:

1. Selalu ingat kepentingan pribadi dan preferensi Anda. Anda adalah seorang individu dan Anda harus memiliki titik pandang Anda sendiri. Dan sekolah/perguruan tinggi tidak sebatas untuk mengembangakan dan meningkatkan semua skill Anda, bukan mempengaruhi prinsip dan preferensi Anda.

2. Cari dukungan yang diperlukan. Anda dapat melakukannya dengan bantuan beberapa komunitas kecil yang dibentuk oleh Anda atau perguruan tinggi Anda. Komunitas kecil sebagai cermin kehidupan di masyarakat yang terdiri dari beberapa tradisi/adat istiadat yang terpisah, tetapi jika Anda memilih dua beberapa hal di antara mereka, Anda harus menyadari, apa tradisi antara satu sama lain sama, dan menjadi tolok ukur untuk mengenal pilihan-pilihan dan kerakter Anda. Pada saat yang sama Anda akan memahami kepentingan masing-masing person di komunitas itu dan harus mengetahui mana yang dekat dengan Anda.

3. Jangan mencoba untuk menjadi teman untuk semua siswa/pelajar. Anda tidak dapat menemukan sebuah sekolah/perguruan tinggi, di mana semua siswa memiliki cara pandang sama satu sama lain. Anda harus siap untuk memilih satu kelompok pelajar/mahasiswa, karena semua dari mereka tidak bisa menjadi teman Anda.

4. Pikirkan tentang penampilan Anda sendiri. Mungkin agak sulit untuk memahami apa yang seharusya Anda pakai. Anda harus memahami betapa besar arti dari penampilan Anda dan perilaku serta mempelajari perilaku rekan-rekan Anda yang lain. Ini akan membuat lebih mudah bagi Anda untuk bergaul baik dengan mereka. Ingatlah bahwa Anda mungkin saja ditolak berkomunikasi oleh beberapa rekan Anda, karena hanya persoalan penampilan. Dan selalu ingat Anda jangan tampil terlalu eksentrik (eccentric).

Sumber : http://www.articlesbase.com/education-articles/the-ways-to-make-students-life-in-college-more-interesting-2317986.html

0 komentar: