Friday 21 May 2010

Talk Show

Talk Show bersama Ananda Fitriyan

By: Muhammad Zaini

Sungguh terharu dan senang rasanya melihat anak berprestasi. Sebagai orang tua dan guru, menyaksikan anak didiknya berprestasi pasti mengembirakan. Begitu kira-kira suasana acara talk show yang berlansung di SMP Muhammadiyah 1 Gombong yang dihadiri oleh ananda Fitriyan Dwi Rahayu peraih nilai tertinggi UN tingkat Nasional di Jawa Tengah. SMP Muhammadiyah 1 Gombong sengaja mengundang ananda Riyan (Fitriyan) untuk berbagi pengalaman tentang kesuksesannya meraih nilai tertinggi UN 2010. Kehadiran ananda Riyan di SMP Mugo didampingi oleh Bunda tersayang Sukarni Mugi Rahayu, yang juga berperan serta dalam mengantarkan si buah hatinya ke gerbang kesuksesan.

Acara berlansung , kurang lebih pada jam 09.00 WIB. disaksikan oleh semua guru dan keryawan dan siswa siswa SMP Mugo kelas VII, VIII, dan IX. Perjalanan acara berlangsung baik dan tertib. Siswa- siswa SMP Mugo menyambut acara talk show tersebut dengan penuh riang, senang dan suka cita. Tentu harapan seperti yang disampaikan oleh Bapak Kepsek SMP Mugo T. Al Maftuh, BA., kesuksesan ananda Riyan tertular pada siswa-siswi SMP Mugo mengahadapi UN tahun depan 2011.

Formula acara talk show dikemas dalam bentuk dialog, yang dibagi atas empat termin. Pada termin ke-1—3 diberikan kepada siswa-siswi, yang kemudian pada termin ke-4 beberapa pertanyaan juga disampaikan oleh Bapak dan Ibu guru SMP Muhammadiyah 1 Gombong. Dalam penuturan dan jawaban yang disampaikan ananda Riyan, yang juga turut disampaikan oleh ibunda tersayangnya, bahwa kesuksesannya tidak terlepas dari tiga hal pokok sebagai berikut :

1. Motivasi

Motivasi—sebagaimana tulisan saya sebelumnya diblog ini—adalah modal dan gerbang utama menuju pintu kesuksesan. Kekuatan motivasi di dalam diri ananda Riyan memancarkan kobaran api semangat untuk selalu bekerja keras dan sungguh-sungguh dalam belajar. Motivasi di samping datang dari kesadaran diri, tentu juga datang dari berbagai pihak antara lain, motivasi dan dukungan kedua orang tua, pihak civitas akademika sekolah, dan tak kalah pentingnya lingkungan keluarga yang kondusif bagi proses pembelajaran di rumah.

Suatu hal yang menarik, motivasi untuk sukses menempuh UN,tutur ananda Riyan juga terinspirasi oleh beberapa novel karya Andrea Hinata (Laskar Pelang, dan Sang Pemimpi), sehingga ia lebih terpacu untuk membangun mimpi-mimpi kesuksesan meraih masa depan.

2. Minat Belajar

Dalam hal ini, ananda Riyan benar-benar memiliki minat belajar, yang didukung pula dengan minat baca yang cukup tinggi. Bagi ananda Riyan membaca merupakan faktor penunjang untuk menciptakan rasa suka belajar, karena bagaimanapun—tutur ananda Riyan—membaca dapat membuka wawasan dan pengetahuan baru. Dalam hal ini, sesuatu yang harus dilawan adalah berbagai ragam godaan yang dapat menghilangkan semangat belajar. Hal yang paling sederhana adalah menjaga jarak dengan tontonan televisi, yang tujuannya untuk memelihara dan memjaga kesenangan untuk selalu membaca.

3. Lingkungan Keluarga

Sukarni Mugi Rahayu, Ibunda ananda Riyan juga mengakui, bahwa kesuksesan putrinya terkait erat dengan lingkungan dan iklim pembelajaran yang amat kondusif. Kesehariannya selalu berada dalam pengawasan dan kontrol orang tua. Kedua orang tua ananda Riyan benar-benar mampu menjadi guru dan sumber ketauladanan bagi anak-anaknya dirumah.

Bagi Ibu Sukarni, contoh dan ketauladan selama dirumah harus menjadi rujukan anak-anaknya. Kalau orang tua memerintah anak-anak belajar, tentu orang tua juga harus berperan serta dalam proses belajar, dan sebisa mungkin menjadi teman belajar bagi anak-anak di rumah.

Di samping itu, sekecil apapun anak juga harus dikasih penghargaan (reward) atas komitmen dan target-target kesuksesan yang diraihnya. Menciptakan lingkungan keluarga yang mendukungan atas berberlangsungan proses pembelajaran jauh lebih penting dari pada sekadar “asal perintah” tetapi tidak ada unsur ketauladanan yang mengarah pada motivasi dan dukungan pembelajaran anak-anak.

1 komentar:

edyp said...

jadi terinspirasi untuk membuat acara seperti itu. trm kasih posting-nya pak