Friday 4 June 2010

Hari Lingkungan Hidup Sedunia


HARI LINGKUNGAN HIDUP SEDUNIA

Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2010 (World Environment Day) diperingati pada tanggal 5 Juni setiap tahun sejak PBB mengadakan Konferensi Lingkungan Hidup di Stockholm pada tahun 1977. Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia diselenggarakan di bawah kordinasi United Nations Environment Programme (UNEP), yang dibentuk PBB sejak 1977.

Dalam peringatan hari lingkungan hidup sedunia ini—paling tidak—mengingatkan pada konsep Islam tentang lingkungan. Dalam hal ini manusia diberi wewengan Sang Pencipta untuk mengelola alam dan lingkungan, sehingga ia diciptakan sebagai makhluk yang paling baik dan istimewa. Al-Qur’an menegaskan: “Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan lautan, Kami beri mereka rezki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan” (Q.S. al-Isra’, 17: 70).

Dengan manusia diberi hak dan wewenang untuk merawat, menjaga dan memanfaatkan alam bagi kebaikan manusia, maka untuk ini manusia diperintahkan agar bertindak sesuai dengan aturan moral kemanusiaan. Kebebasan yang disandang manusia untuk mengelola alam adalah upaya untuk tunduk pada aturan-aturan moral dan etika kemanusiaan.

Di sinilah kita bisa mengatakan bahwa bertindak bebas adalah bertindak etis. Sedangkan etika sentral yang hendak ditegakkan Islam adalah keadilan, kemashlahatan, martabat manusia, kesejahteraan dan kerahmatan semesta. Alam (lingkungan hidup) dan manusia sesungguhnya memiliki hubungan simbiosis-mutualistik; hubungan saling ketergantungan dan saling memberi.

0 komentar: