Monday 17 May 2010

Menemani Anak Rekreasi


Menemani Anak Rekreasi

Mengajak anak piknik atau rekreasi sejatinya adalah investasi bagi masa depan anak agar pada masa dan dunianya memiliki pengalaman dan suka cita yang menyenangkan. Siapapun ketika ditanya tentang masa kanak-kanak, tentu ia akan menceritakan suka cita dan berbagai penglaman menyenangkan yang pernah dialami.

Hari minggu16 Mei 2010 sekolah play group anak saya mengadakan rekreasi ke Yogyakarta, dan saya sekeluarga harus menemani. Tempat pertama yang dikunjungi adalah tempat bermain yang sudah sangat terkenal di Yogyakarta, yaitu Kids Fun.Saya benar-benar merasa senang melihat anak saya asyik bermain menggunakan berbagai jenis permainan yang ada di Kids Fun.

Tidak asing lagi, Kids Fun merupakan salah satu alternatif tujuan wisata yang cukup terkemuka di kota Yogyakarta dan sebagai taman rekreasi keluarga. Setiap jenis permainan hampir semua digratiskan. Pada masing-masing tempat permainan, tersedia pelayanan yang siap membantu anak-anak yang hendak menggunakan permainan. Saya lihat, Kids Fun selalu mengedepankan kualitas dan pelayanan yang terbaik bagi setiap pengunjungnya.

Dengan jenis permainan yang cukup lengkap, dan pelayanan yang memadai, Kids Fun boleh jadi dapat menjadi inspirasi bagi anak untuk menemukan bakatnya. Sebab, dalam bermain anak pasti mengalamai rasa bahagia dan suka cita. Bermain sesungguhnya dapat menjadi daya pancing untuk menyenangi sesuatu, yang didalamnya tersirat pembelajaran, sehingga anak dapat belajar melalui permainan (learning by playing).

Menurut penelitian, belajar melalui bermain dapat merangsang pertumbuhan dan koneksi otak kanan, sehigga mempermudah terbentuknya suatu memori baru. Belajar melalui bermain, anak sesungguhnya sedang melakukan keseimbangan antara motorik halus dan motorik kasar yang sangat mempengaruhi perkembangan psikologi anak. Seperti kata Reamonn O Donnchadha dalam bukunya The Confident Child "Permainan akan memberi kesempatan untuk belajar menghadapi situasi kehidupan pribadi sekaligus belajar memecahkan masalah".

0 komentar: