Monday 12 April 2010

MEMBANGUN KEHIDUPAN SOSIA

MEMBANGUN KEHIDUPAN SOSIAL YANG BERKUALITAS

By : Muhammad Zaini

Setiap manusia mesti mengalami problematika hidup sesuai pengalaman dan kapasitasnya. Dalam menyikapi masalah, manusia juga memiliki ragam bentuk sikap dan tipikal yang cukup unik sesuai karakteristik masing-masing. Problematika hidup itu kian tumbuh subur dan berbanding lurus dengan proses interaksi sosial, komuniksi dan upaya relasi antar sesama (fellow being relations).

Proses saling sentuh dan interaksi antar sesama sudah menjadi keniscayaan dinamika kehidupan. Fluktuasi kehidupan dapat bergerak maju dan selalu dinamis, ditentukan dengan sejauh mana kualitas dan daya gugah manusia untuk melakukan proses-proses interaksi sosial secara sehat.

Secara formulatif, semakin tinggi status sosial seseorang di suatu lingkup kelompok masyarakat, maka akan semakin tinggi pula resiko atau sanksi sosial seiring dengan tanggungjawab yang diembannya. Upaya untuk mengurangi tingkat resiko dalam kehidupan sosial, maka tergantung pada kepiawaan mengolah tata kehidupan sosial, agar terhindar dari hambatan-hambatan yang mengarah pada timbulnya keretakan dan konflik-konflik sosial (social conflicts).

Di sini perlu suatu pemikiran matang untuk meraih suatu nilai kualitas interaksi sosial, yang tentu saja dibutuhkan skill yang cukup memadai untuk menjaga dan memelihara agar kehidupan sosial dapat berlangsung dengan baik dan berkualitas. Salah upaya yang harus dilakukan adalah menumbuhkan kesadaran yang mendalam tentang proses benah diri yang mencerminkan pola hidup dewasa dalam menimbang, memikirkan, dan mengambil keputusan persoalan-persoalan sosial.

selengkapnya download di sini.......

0 komentar: